Minggu, 18 Desember 2016

ISD sebagai Mata Kuliah Dasar Umum

"ISD sebagai salah satu Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)"



2 Contoh foto nyata yang terjadi di masyarakat
2.1

Gambar diatas menggambarkan tentang perilaku yang tidak sepantasnya dilakukan seorang pelajar atau biasa dikenali sebagai fenomena kenakalan remaja. Terlihat jelas siswa yang duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama atau biasa disebut SMP tengah menghisap tembakau atau yang biasa disebut rokok. Ya, ini contoh nyata yang ada pada kehidupan zaman sekarang. Dimana para siswa bangga memperlihatkan kenakalannya. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Faktor apa yang mempengaruhi fenomena kenakalan remaja? Berikut Faktor pendorong kenakalan remaja :
  1. Kurang kasih sayang orangtua
  2. Kurang perhatian sekitar
  3. Peran iptek yang berdampak negatif
  4. Pergaulan yang tidak terpantau orangtua
  5. Kebebasan yang berlebih
  6. dll
Bagaimana cara menanggulangi masalah ini? Apa solusi yang tepat guna mengatasi masalah kenakalan remaja? Berikut beberapa solusi guna mengatasi kenakalan remaja :
  1. Perlunya perhatian lebih dari orang tua (dalam bidang apapun)
  2. Diperlukannya pengawasan orangtua namun jangan bersifat mengekang
  3. Memberikan pengertian lanjut tentang media yang digunakannya
  4. dll
2.2



Gambar diatas menjelaskan secara gamblang tentang kesenjangan yang terjadi dimasyarakat Indonesia. Kesenjangan sendiri berarti ketidakseimbangan yang terjadi dimasyarakat, dimana kondisi tersebut akan memperlihatkan perbedaan yang teramat signifikan. Yang biasa terjadi di negara kita adalah kesenjangan sosial dan kesenjangan dalam perekonomiannya. Kesenjangan sosial biasanya ditandai dengan adanya peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam suatu status atau kelompok masyarakat. Sedangkan kesenjangan ekonomi biasa ditandai dengan adanya perbedaan kemampuan finansial diantara setiap lingkungan. berikut contoh kesenjangan sosial :

  1. Orang yang tidak memiliki gelar sarjana akan sulit mendapatkan pekerjaan. Padahal suatu gelar tidak menjamin kualitas seseorang
  2. Koruptor yang korupsi uang rakyat hanya dihukum penjara 1-2 tahun. Sedangkan maling ayam dikenakan kurungan seumur hidup
  3. Tidak adanya fasilitas umum untuk para penyandang cacat.
  4. Orang yang berpakaian branded akan lebih dihormati ketimbang yang menggunakan pakaian sederhana
  5. Mobil mewah disediakan parkiran VIP. Namun tidak dengan mobil biasa.
Berikut upaya penanggulangan kesenjangan sosial pada masyarakat :
  1. Berdasar pada pancasila
  2. Menomor satukan keadilan
  3. Menciptakan lapangan kerja guna meminimalisir kemiskinan
  4. Meminimalisir KKN dan memberantas korupsi
  5. Membuat pertumbuhan ekonomi bermanfaat bagi rakyat miskin
Berikut ulasan saya tentang 2 masalah sosial yang masih kerap terjadi dimasyarakat. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca. Sekian,dan Terimakasih :))





1 komentar: